Cina Mengambil Tindakan Keras Atas Gereja Rumah

Nasional / 12 December 2010

Kalangan Sendiri

Cina Mengambil Tindakan Keras Atas Gereja Rumah

Lestari99 Official Writer
4719

Cina dilaporkan mengambil tindakan keras bagi gereja rumah yang tidak terdaftar saat upacara penghargaan Nobel Perdamaian bagi para pembangkang Cina semakin mendekat.

Bob Fu, presiden dari kelompok bantuan HAM Cina mengatakan operasi pemerintah itu dilaksanakan pada 1 Desember – hari yang sama dimana situs web-nya ditutup oleh serangan cyber Cina.

Fu baru saja menerima laporan pemerintah Cina yang mengatakan gereja rumah sebagai ‘sekte’.

Tindakan keras pemerintah dilakukan hanya beberapa hari sebelum upacara penghargaan Nobel Perdamaian yang diberikan kepada pembangkang Cina Liu Xiaobo.

Cina mengkritik penghargaan itu dengan mengatakan penghargaan itu akan mendorong penduduk Cina untuk melawan pemerintah. Cina dan sedikitnya 18 negara lainnya akan memboikot upacara penghargaan ini.

Fu mengatakan akan menjadi pertama kalinya dalam sejarah penghargaan Nobel bahwa kursi penerima penghargaan itu akan tetap kosong.

“Cina telah memasukkan Dr Liu ke dalam penjara dengan menjatuhkan hukuman 11 tahun penjara,” ujar Fu. “Istrinya menjadi tahanan rumah sejak hukuman atas suaminya dijalankan, dan seluruh anggota keluarganya telah menjadi tahanan rumah atau bahkan hilang tanpa jejak.”

Fu dan anggota kongres Amerika akan menghadiri upacara penghargaan ini.

Sumber : cbn.com
Halaman :
1

Ikuti Kami